About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile

Blog Archive

Tuesday, August 31, 2010

Selling and Motivation Tips : Segalanya diciptakan dua kali

Stephen R.Covey states that everything (thoughts, actions etc.) are created twice; Firstly as a mental creation and secondly as a physical creation. We need to get the first mental creation right in order to be able to create and fulfil the physical creation.

Maksud dari pernyataan Covey dalam kebiasaan ke 2 dari 7 kebiasaan yang efektif adalah bahwa segalanya diciptakan dua kali — pertama secara mental, kedua secara fisik. Apa pun yang dihasilkan pada mulanya telah ada sebagai konsep, baru kemudian secara fisik.

Sebagai contoh kalau Anda ingin membangun sebuah rumah, maka yang pertama Anda harus menciptakannya dulu di pikiran Anda (luas bangunan, ada berapa kamar tidur, berapa kamar mandi, ada taman atau tidak, bentuk ruang tamu dan sebagainya), kemudian menggambarnya (membuat blueprint) barulah yang kedua benar-benar membangunnya secara fisik (membuat pondasi dan melaksanakan pekerjaan fisik lainnya)

Hal ini juga berlaku dalam kehidupan seorang sales people dan juga setiap kita, sebelum anda bertemu dengan pelanggan hari ini atau sebelum bernegoisasi anda harus mempersiapkannya secara mental. Kira-kira apa saja yang akan ditanyakan oleh pelanggan anda atau kira-kira keberatan apa yang akan timbul pada saat proses negosisasi.

Banyak kali sales people yang sudah membayangkan bahwa pelanggan yang dihadapi adalah pelanggan yang sulit dan tidak mudah dalam mengambil keputusan, dan bahaya nya mereka hanya berpikir sampai disana tanpa memikirkan bagaimana cara untuk menghadapi pelanggan yang sulit.

Akhirnya pada saat negoisasi akan terjadi sesuai dengan apa yang dipikirkan bahwa memang pelanggannya sulit dalam mengambil keputusan untuk membeli.

TIP SALES hari ini adalah marilah kita awali hari ini dengan membuat suatu kerangka mental yang baik untuk apa yang akan kita lakukan sepanjang hari ini, sehingga pada saat proses pelaksanaan aktivitas yang akan kita lakukan akan berjalan dengan lebih baik.

Dedy Budiman

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter