About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile

Blog Archive

Friday, August 20, 2010

Analisa Kebutuhan


Sebelum menawarkan produk/jasa yang dijualnya seorang penjual profesional akan terlebih dahulu melakukan Analisis Kebutuhan.

Pada dasarnya, orang membeli karena mereka membutuhkan atau menginginkan sesuatu. Jika kita bisa memberi satu alasan bagi seseorang untuk membeli dan sebuah dalih untuk membeli, maka peluang mereka untuk membeli akan meningkat drastis.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa melakukan analisis terhadap kebutuhan pelanggan ?

Berikut adalah salah satu metode yang bisa anda lakukan, sewaktu bertemu dengan pelanggan pastikan bahwa anda tidak LANGSUNG MENAWARKAN Produk/Jasa Anda, melainkan cobalah ajukan beberapa pertanyaan terbuka ( Open Probe ) sehingga mereka berbicara banyak dan darisana anda akan dapat menemukan apa permasalahan mereka dan kebutuhan yang sesungguhnya.

Setelah kebutuhan diketahui barulah tiba saatnya untuk memberikan Solusi dengan produk/jasa yang anda jual.

1 comments:

Haryanto Gianto said...

Luar biasa pak Dedy !

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter