About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile

Blog Archive

Monday, August 30, 2010

Selling and Motivation Tips : Keluar dari Kegelapan

The man who walks in the dark does not know where he is going.

Mari kita bereksperimen sebentar, tolong pejamkan mata anda beberapa detik dan setelah itu buka kembali mata anda. Apa perbedaannya? Jelas sekali ketika kita memejamkan mata maka kita tidak bisa melihat apapun yang ada hanyalah kegelapan total.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah pergi ke suatu perkampungan melewati hamparan sawah di malam hari. Pada saat itu timbul rasa iseng saya dengan tiba-tiba saya matikan lampu mobil, langsung saja istri dan anak-anak saya berteriak “gelaaaaaaap”

Ketika seseorang berada dalam kegelapan maka ia tidak bisa melakukan sesuatu, dan bahkan waktu ia melangkahkan kakinya ia tidak tahu kemana ia akan menuju.

Saat ini memang kita tidak berada dalam suatu kegelapan secara fisik, tapi bukankah ilustrasi ini bisa kita kaitkan dengan kehidupan kita. Coba tanyakan diri anda saat ini, mau kemana hidup anda? Apa tujuan hidup anda? Apa yang anda mau capai 3 atau 5 tahun mendatang? Banyak orang yang ketika ditanyakan hal ini maka mereka bingung dan tidak tahu kemana mereka akan menuju.

Bukankah itu sama dengan kita berada dalam kegelapan? Kita bekerja dan beraktivitas setiap hari tapi kita tidak tahu kemana tujuannya, yang penting kita tetap bergerak dan melangkah. Tapi pertanyaannya kemana tujuan anda? Karena dalam kegelapan kemanapun anda melangkah hanya gelap yang anda temui.

Bagaimana agar kita bisa keluar dari kegelapan?

Agar anda tidak semakin tersesat di dalam kegelapan,berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan :

Pertama, Anda harus menentukan tujuan apa yang ingin anda capai. Memang tidak semua orang mampu untuk menentukan tujuan, bila anda kesulitan dalam menentukan tujuan, saya sangat menyarankan untuk membaca buku Peta Jalan menuju Sukses karangan John C.Maxwell.

Tujuan adalah seperti cahaya dalam kegelapan yang akan memandu dan mengarahkan anda. Memang anda belum mencapai cahaya/tujuan anda pada saat ini, tetapi sinar dari cahaya itu akan memudahkan anda untuk melangkah menuju tujuan anda.

Kedua, anda harus berani melangkahkan kaki menuju tujuan anda. Coba anda lihat bulan dimalam hari kelihatannya dekat bukan? Tetapi apakah bulan memang benar-benar dekat ? ternyata tidak diperlukan perjalanan yang sangat jauh untuk mencapainya. Apakah mustahil bagi kita untuk mencapai bulan? Ternyata tidak, Neil Amstrong telah membuktikannya ia telah menginjakkan kakinya ke bulan.

Perjalanan untuk mencapai tujuan tidak akan pernah mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Untuk itu pastikan setelah anda menentukan tujuan, melangkahlah dan percayalah pada saat anda melangkah anda sudah tidak lagi terjebak di dalam kegelapan.

Selamat melangkah.

Dedy Budiman

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter