About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile

Blog Archive

Friday, August 20, 2010

Sales yang Berintegritas

Dalam buku Good to Great Jim Collins menuliskan bahwa perusahaan yang bisa menjadi Hebat secara prinsip tidak hanya memfokuskan pada apa yang harus dilakukan untuk menjadi Hebat, mereka juga memfokuskan dengan perhatian yang sama besar pada apa yang tidak boleh dilakukan dan tindakan apa yang harus dihentikan.

Setiap kita tentu ingat ilustrasi “karung bocor” yang menggambarkan sebanyak apapun usaha yang kita lakukan untuk mengisi karung yang bocor semuanya akan terbuang sia-sia karena karungnya bocor.

Demikian juga kita sebagai seorang sales people, sangat baik bagi kita untuk focus bagaimana caranya agar kita bisa mencapai target dengan baik, tetapi janganlah sampai kita lupa untuk memberi perhatian yang sama besar untuk tindakan-tindakan yang tidak boleh kita lakukan dan harus kita hentikan, misalnya menjual produk lain pada saat jam kerja atau mencari tambahan dengan menjual produk competitor dan banyak lagi lainnya.


Dalam jangka pendek mungkin kita bisa mendapatkan tambahan yang lumayan, tapi dalam jangka panjang tindakan ini akan merusak integritas dan nama baik kita.
Menjadi hebat itu bagus tapi menjadi seorang sales yang berintegritas tentunya jauh lebih bagus dan bernilai tinggi.

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter