About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile
Monday, September 6, 2010

Selling and Motivation Tips : Persiapkan Diri Anda Sekarang!


“I will prepare and some day my chance will come.” Abraham Lincoln
Beberapa waktu yang lalu diakhir dari seminar yang saya adakan ada seorang anak muda yang bertanya kepada saya. ”Pak, saya ingin menjadi seorang Manajer, kira-kira apa yang harus saya lakukan.”
Kalau kita pikirkan sejenak, bukankah pertanyaan ini juga diajukan oleh setiap kita. Seorang Sales / Staff bertanya kapan saya bisa jadi manajer, manajer bertanya kapan bisa jadi direktur, dan begitu seterusnya. Hampir semua orang bertanya bagaimana caranya agar karir nya bisa meningkat? Sebuah pertanyaan yang sangat manusiawi sekali bukan?
Abraham Lincoln pun mempunyai keinginan seperti kita, keinginan Lincoln adalah ia ingin menjadi Presiden Amerika. Pada saat ia berkeinginan menjadi seorang Presiden ia tidak berhenti sampai disana dan berharap bahwa kelak akan datang kesempatan bagi Lincoln untuk menjadi Presiden.Tetapi Lincoln mempersiapkan diri untuk menjadi seorang Presiden.
Karir awal Abraham Lincoln dimulai pada usia 19 tahun sebagai awak kapal yang mengangkut hasil pertanian melalui sungai Ohio dan Mississippi menuju New Orleans.Pada tahun 1830 Abraham Lincoln pindah ke Decatur, illinois, dimana ia bekerja memilah-milah rel untuk digunakan sebagai pagar.
Satu tahun berikutnya (1831) Abraham Lincoln meninggalkan rumahnya dan melakukan berbagai macam pekerjaan mulai dari pekerja kapal hingga pelayan toko untuk bertahan hidup. Lincoln tidak mengikuti pendidikan seperti pada umumnya, namun ia giat belajar membaca dan menulis sampai berhasil menjadi seorang pengacara.
Tidak lama kemudian Lincoln terpilih menjadi anggota DPRD untuk wilayah Illinois pada tahun 1834. Kemudian terpilih kembali pada tahun 1838 dan tahun 1840. Demikianlah sekelumit perjuangan Lincoln dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi seorang presiden. Dan kini Abraham Lincoln dikenang oleh dunia sebagai salah satu presiden terbesar yang pernah memimpin Amerika.
Jadi kembali kepada pertanyaan anak muda tersebut,saat itu saya menjawab dengan jawaban yang diberikan Lincoln,”Kalau anda mau menjadi seorang Manager, persiapkanlah diri anda dengan baik. Agar ketika kesempatan itu datang, maka anda sudah siap untuk mengambilnya. Jangan tunggu kesempatan itu datang anda baru mempersiapkan diri, karena pada saat itu anda sudah terlambat.”

TIP SALES : Jawaban yang sama juga berlaku untuk setiap kita yang hendak mencapai sesuatu dalam hidup, persiapkanlah diri kita sebaik mungkin sebelum kesempatan itu datang dan bukan pada saat kesempatan itu datang, karena pada saat kesempatan itu datang dan anda tidak mempersiapkan diri, maka semua sudah terlambat.

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter