About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile
Wednesday, September 22, 2010

Selling and Motivation Tips : Kartu AS untuk Pelanggan


Beberapa waktu yang lalu saya bicara dengan salah seorang teman pemilik toko kamera di Pasar Baru namanya pak Abraham. Ia bercerita bahwa setiap pelanggan yang datang ke toko berbeda-beda karakternya, ada yang harus ditegur dulu baru mau lihat-lihat. Tapi ada juga yang kalau di tegur malah tidak berani masuk ke toko. 


Dari pembicaraan singkat tersebut saya jadi teringat pengalaman saya ketika masuk ke sebuah toko.Pada umumnya sering kita menemui Pemilik atau karyawan toko menyambut pelanggan yang datang dengan ucapan "Ada yang bisa di bantu?"

Nah,kalau Anda datang ke sebuah toko dan ada yang menyambut dan berkata seperti itu, apa perasaan Anda? Risih bukan, rasanya kok jadi kurang nyaman yah. Biasanya kalau ada penjaga toko yang menyapa saya seperti itu, saya akan menjawab," Iya ada,  tolong bantu dorongin mobil saya yah mbak"

Untuk itu sudah saatnya kita mengganti kalimat yang sudah usang tersebut. Kita perlu membuat bagaimana cara agar setiap pelanggan yang melewati toko tertarik untuk mau masuk dan membuat mereka merasa disambut dengan baik dan merasa nyaman.

Kabar baiknya ada satu cara yang sangat Efektif tapi mudah untuk dilakukan yaitu dengan menggunakan kartu AS. Apa itu kartu AS?

Kartu AS adalah singkatan dari ANGGUKKAN dan SENYUMAN. Jadi ketika seorang calon pelanggan melintas di toko anda, maka setiap karyawan yang bertugas harus secara refleks memberikan ANGGUKKAN KEPALA ( tanpa mengeluarkan kalimat apapun ). Orang Indonesia terkenal ramah dan ini adalah salah satu buktinya, biasanya setiap orang yang diberikan Anggukkan Kepala secara Otomatis mereka akan berespons dengan membalas menganggukkan kepalanya.

Bila Anda tidak percaya, Anda bisa membuktikannya. Pada saat Anda berjalan di mall atau di daerah yang ramai coba Anda beri anggukkan kepada orang yang berada dihadapan Anda, lihat bagaimana responsnya.

Pada saat calon pelanggan membalas Anggukkan Kepala Anda secara psikologis Anda sudah berhasil menarik perhatian orang tersebut dan secara otomatis pula mereka akan mengurangi kecepatan langkah dan bahkan berhenti sejenak. 

Pada saat itulah moment yang tepat bagi Anda untuk memberikan SENYUMAN terindah yang mampu Anda berikan dan ucapkanlah Greeting seperti : Selamat pagi, Selamat siang atau Silahkan bapak / ibu sambil Anda mempersilahkan calon pelanggan Anda masuk ke dalam toko Anda.

Dengan menggunakan kartu AS ini maka Anda telah berhasil memberikan kesan yang baik tanpa harus membuat calon pelanggan merasa terganggu. Dan mereka akan merasa nyaman untuk masuk melihat-lihat toko Anda.

Ketika calon pelanggan sudah masuk ke toko Anda, maka selanjutnya berikanlah pelayanan yang Terbaik yang mampu Anda berikan. 

Selamat menggunakan kartu AS Anda.

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter