About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile
Saturday, September 4, 2010

Selling and Motivation Tips : No Sales , No Money -- Know Sales, Know Money

Sales is a learned responses. The more knowledge and information you can obtain pertaining to sales, the higher your income will be! To become highly successful in sales, it takes a tremendous amount of time to read as many sales books as you possibly can, or attending as many sales seminars that you can, or listening to tapes or CD's in your car on the way to work so you can constantly continue to educate yourself on sales.

Beberapa minggu terakhir ini saya membawakan pelatihan untuk beberapa kelas yang pesertanya adalah Sales People. Dalam setiap kesempatan saya selalu mengajukan pertanyaan kepada para sales people tersebut ,”kapan terakhir kali anda membaca buku?” dan di rumah ada berapa banyak buku tentang Sales yang anda miliki?”

Ironisnya dari 100% hanya di bawah 5% yang punya kebiasaan membaca buku dan memiliki koleksi buku tentang Penjualan. Itu berarti kalau ada 100 orang hanya di bawah 5 orang yang mau meluangkan waktu untuk belajar baik itu membaca ataupun mendengarkan CD.

Bila ditanya apa alasannya? maka ada saja beribu macam alasan yang membuat para sales people tidak mau melakukan kegiatan yang satu ini.

Hal ini mengingatkan saya pada sebuah kisah, adalah seorang penebang pohon yang sangat bersemangat dalam bekerja. Hasil yang didapat dari menebang pohon membuat dia hidup berkecukupan tetapi karena sibuknya bekerja ia melupakan atau boleh juga dibilang selalu melalaikan waktu untuk mengasah kapak yang digunakan. Di bulan-bulan awal ia tidak memiliki masalah, tetapi memasuki bulan ke delapan bekerja ia merasa pekerjaannya semakin lama semakin berat dan menguras banyak energy. Sang penebang pohon ini tidak menyadari bahwa ini terjadi karena kapak yang digunakannya semakin lama semakin tumpul.

Bukankah itu juga yang akan terjadi bila kita selalu sibuk bekerja tetapi malas dan tidak mau meluangkan waktu untuk mengasah diri dengan belajar dan belajar lagi.
Mungkin hari ini anda bisa menjual dengan SUKSES karena KAPAK Anda masih TAJAM, tetapi tinggal menunggu waktu maka KAPAK anda akan menjadi TUMPUL. Dan saat itu Penjualan Anda akan makin menurun dan terus menurun.

Rekan-rekan Sales People marilah kita bersama merubah Persepsi yang melekat bahwa orang sales adalah orang yang kurang mau belajar, beda dengan profesi dokter, insinyur, akunting yang terus mau belajar. Mari kita tunjukkan bahwa kita juga BISA dan MAU untuk BELAJAR dan Mengasah diri.

TIP SALES : Once you "know" sales, you will "know" money because your knowledge is greater, your attitude is stronger, and your self-confidence is bullet proof!

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter