About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile
Wednesday, September 1, 2010

Selling and Motivation Tips : Menjadi Terbaik Kedua


Bila Anda tidak bisa menjadi nomor satu, maka pastikan Anda menjadi yang terbaik kedua.Harvey MacKay
Seorang sales people, tidak peduli seberapa keras ia mencoba, kadang tidak mampu untuk mendapatkan pelanggan untuk membeli produk atau jasanya.Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya : pelanggan sudah punya supplier, mereka sudah puas dengan supplier tsb, atau supplier punya hubungan dekat / keluarga dengan buyer atau pemilik perusahaan.
Pada situasi seperti ini, tentu tidak ada jalan keluar, situasi terlihat tanpa harapan dan mengecewakan. Anda jelas-jelas bukan pilihan pertama dari pelanggan. Apa yang harus diperbuat?
Ingatlah satu hal berikut : Tidak ada yang tetap sama selamanya.
Untuk itu anda harus selalu tetap menjalin hubungan dengan prospek anda tersebut, ikuti terus perkembangannya. Sama seperti Valentino Rossi yang terus membuntuti pembalap di depannya, pasti akan tiba saatnya ketika supplier lama tersebut mempunyai masalah atau tidak bisa memenuhi permintaan calon pelanggan anda, maka anda siap untuk mengambil posisi tersebut.
TIP SALES hari ini : Jadi no 2 tidak selalu berkonotasi buruk, bila anda selalu siap maka ketika kesempatan datang Anda akan langsung menjadi no.1

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter