About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile
Friday, October 1, 2010

Selling and Motivation Tips : Pentingnya pendekatan Psikologis dalam melakukan Perubahan


A change can make sense logically, but still lead to anxiety in the psychological dimension. Everyone needs a niche, and when the niche starts to change after we’ve become comfortable in it, it causes stress and insecurities. So before introducing CHANGE, we have to consider the psychological dimension. Bobb Biehl.

Apakah saat ini Anda hendak atau sedang dalam suatu proses perubahan? Baik itu perubahan dalam Organisasi, Perusahaan ataupun keluarga. 

Tidak semua perubahan membawa pertumbuhan, tetapi tidak ada pertumbuhan tanpa melalui sebuah perubahan.

Ketika kita melakukan perubahan seringkali ada begitu banyak penolakan yang terjadi baik dari diri sendiri maupun lingkungan ( rekan kerja, suami/istri, dlsb ) Dalam buku Developing the Leader within you, John C Maxwell menjelaskan bahwa ada 2 hal penting yang dibutuhkan ketika hendak melakukan sebuah PERUBAHAN, yaitu mengetahui hal-hal teknis yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan itu dan kemampuan untuk memotivasi dan mengubah sikap rekan-rekan yang akan diajak sehingga mereka mau  untuk melakukan perubahan secara bersama-sama.

Pengetahuan dan hal teknis memang diperlukan agar perubahan berjalan dengan baik, namun jangan dilupakan bahwa ada unsur Psikologis yang tidak kalah penting yaitu keterlibatan team atau rekan kerja dalam bersama-sama melakukan perubahan. 

Sebagai seorang pemimpin yang hendak melakukan perubahan maka kita perlu melakukan pendekatan pribadi kepada team atau rekan kerja kita agar mereka juga melihat dan merasakan dampak positif dari perubahan yang akan dilakukan tersebut. Karena tanpa keterlibatan dari team dan rekan kerja yang mendukung maka perubahan tidak akan berjalan dengan maksimal.

Selamat melakukan sebuah perubahan.

0 comments:

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter