About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile
Tuesday, October 5, 2010

Selling and Motivation Tips : Aturan Main Sudah Berubah

Realize that the rules have changed. Denis Waitley

Kalau sekarang ini anda ingin membeli suatu barang dimana anda mencari informasinya? Apakah mencarinya di "buku kuning" (yellow pages) atau di GOOGLE?

Pertanyaan yang sama juga saya ajukan dalam TRAINING kemarin di Palembang. Ternyata dari sekian banyak peserta yang hadir tidak satupun yang menggunakan lagi ”buku kuning” untuk mencari informasi produk.

Sadar ataupun tidak perubahan telah terjadi dengan begitu cepat didepan mata kita.Dan ironisnya masih banyak orang yang bekerja dengan menggunakan cara-cara yang lama yang mungkin 10 tahun lalu masih efektif tapi saat ini sudah tidak lagi berguna.

Misalnya menjual dengan cara ”door to door”, dulu cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh sales person tetapi apakah sekarang cara ini masih efektif dengan kondisi jalan yang makin macet dan orang yang makin sibuk dan sulit ditemui? Anda sendiri yang tahu jawabannya.

Tetapi disisi lain ada suatu cara dimana kita bisa menjual dan menginformasikan produk / jasa  kepada ribuan orang dalam waktu yang singkat dengan menggunakan internet.

Inilah poin penting yang harus kita sadari, aturan main dalam menjual sudah berubah. Daripada melatih kaki agar kuat keliling gedung untuk membagikan brosur lebih baik anda latih kemampuan agar bisa membuat penjualan yang menarik lewat Internet.

Dinosaurus adalah binatang yang sangat besar dan kuat tapi akhirnya punah karena terimbas perubahan. Untuk itu janganlah merasa bahwa kita sudah terlalu besar dan hebat sehingga tidak mau berubah.

2 comments:

Abraham Jahja said...

Tulisan yang membuat saya berpikir, jangan-jangan saya sudah berlaku seperti dinosaurus.
Terima kasih Pak Dedy, saya mau berubah, kalau ada yang lebih baik kenapa harus mempertahankan yang usang ...

Dedy Budiman said...

Sama-sama pak Abraham.
Marilah kita sama-sama berubah menuju kearah yang lebih baik.

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter