About Me

My Photo
Dedy Budiman
CHAMPION SALES TRAINER yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship diberbagai perusahaan di Indonesia. Ia mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market dan Modern Market
View my complete profile
Monday, July 18, 2011

TIP SALES : Service Excellence Blue Bird


Jum’at sore yang lalu saya baru saja kembali dari Surabaya dan tiba dibandara Soekarno-Hatta sekitar jam 5.30 sore. Lalu saya segera mencari taxi untuk mengantar saya pulang ke rumah. Seperti biasa ada beragam taxi yang tersedia, tapi hanya 1 taxi yang ramai sekali antriannya. 

Dalam hati saya pikir kenapa orang pada rela antri naik taxi ini yah? tapi saya ingat bahwa taxi yang satu ini terkenal baik pelayanannya. Lalu saya putuskan utk ambil antrian dan dapat no 76, sedangkan yang baru naik no 50 an. Artinya ada 26 penumpang yang antri, setelah menunggu sekitar 45 menit akhirnya tiba giliran saya untuk naik.

Singkat cerita saya tiba dirumah sudah agak malam dan agak terburu-buru sehingga tidak sadar bahwa tas notebook saya tertinggal. Hal ini baru saya sadari 30 menit kemudian, dalam keadaan sedikit panik saya teringat bahwa taxi ini terkenal karena supirnya terpercaya sehingga bila barang tertinggal maka pasti aman.
Segera saya hubungi customer servicenya menceritakan tas saya yang tertinggal, dan sangat LUAR BIASA 15 menit kemudian dari pihak taxi tsb menghubungi saya kembali dan tas saya sudah disimpan baik oleh supirnya. Wah….leganya hati saya, dan memang taxi ini dan supirnya sangat bisa dipercaya.

Tahukah anda merk taxi tsb?

Ya, tepat sekali taxi yang saya naiki adalah taxi Blue Bird, selama ini saya hanya mendengar begitu baiknya service perusahaan ini, tapi kini saya sudah mengalami sendiri bahwa mereka memang taxi yang sangat luar biasa dan mampu menjaga kualitas pelayanannya.

Melalui media ini saya secara pribadi mau berterima kasih kepada Bapak Fahrurodji Setiawan, sopir taxi Blue Bird yang telah menyelamatkan tas notebook saya. Di tengah kondisi yang penuh ketidakjujuran sekarang ini, pak Fahrurodji membuktikan bahwa masih ada banyak orang jujur yang bisa dipercaya.

Rekan-rekan SALES apa yang bisa kita dapatkan dari kisah saya ini? 

Menurut anda bila besok-besok saya membutuhkan taxi apakah mungkin saya beralih dari Blue Bird? Sangat kecil kemungkinannya bahkan dalam setiap training kedepannya saya akan menjadikan Blue Bird sebagai salah satu contoh perusahaan yang sangat baik pelayanannya, mereka bukan hanya mampu berjanji tapi mereka juga membuktikannya.

Bagaimana dengan Anda? Apa kesan pelanggan dan calon pelanggan anda terhadap diri anda? Apakah selama ini anda hanya bisa berjanji tapi tidak bisa menepatinya atau sudahkah anda mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan seperti apa yang telah saya alami?

Marilah kita berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kita, bukan dengan kata-kata tapi dengan tindakan nyata.

Ketika pelanggan percaya kepada anda maka kecil sekali kemungkinan mereka beralih ke lain hati.

Dedy Budiman
The Champion Sales Trainer

Wednesday, July 13, 2011

TIP SALES : LEMOT dan ZMOT


Apa bedanya LEMOT dan ZMOT?

Kalau Lemot itu adalah penderitaan yang sering dialami oleh pemilik blackberry khususnya yang punya data banyak. Sedangkan ZMOT adalah singkatan dari Zero Momenth Of Truth.

ZMOT menurut Google adalah sebuah Moment sebelum First Moment of Truth. Bahasa simplenya adalah sebuah Moment  yang tercipta sebelum seorang calon pelanggan datang ke toko untuk melihat atau hendak membeli barang yang ditawarkan.

Contoh saat saya mau beli Notebook merk XYZ maka saya tidak langsung ke toko dan tertarik pada saat melihat display, spesifikasi ataupun penjelasan Sales Promotionnya.

Tetapi saya akan mencari informasi mengenai notebook tsb, melalui berbagai sumber termasuk lewat google, baca review, lihat website dan berbagai informasi lainnya.

Jadi pada saat datang ke toko atau membeli lewat online saya sudah yakin akan keputusan saya utk membeli notebook tsb itulah ZMOT.

Nah selanjutnya bagaimana dengan produk atau jasa yang anda jual? Apakah calon pelanggan mudah utk mendapatkan informasi produk anda baik pada saat search di google, membaca website ataupun melihat reviewnya ?

Bila anda sudah melakukannya maka anda sudah melakukan hal utk mendukung ZMOT, tapi kalau anda belum melakukannya berarti anda masih LEMOT dan harus segera beralih ke ZMOT.

Dedy Budiman
The Champion Sales Trainer
Monday, July 11, 2011

TIP SALES : Launching buku naik Mobil Derek


Sabtu kemarin saya baru saja mengadakan acara Launching buku TIP SALES di Istora Senayan, dan respons yang diberikan oleh audience yang hadir sangat luar biasa, dalam waktu singkat buku saya laris manis terjual.
Kalau anda dengar sekilas kelihatannya segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan baik. Padahal 1,5 jam sebelum acara saya baru saja menghadapi musibah yang membuat saya kuatir, apakah bisa hadir diacara launching buku saya.

Karena tepat jam 12.30 mobil yang saya kendarai patah As rodanya tepat di depan pintu gerbang TOL TMII. Sedangkan jam 13.30 saya sudah harus sampai di Istora Senayan. Dalam keadaan genting tsb saya harus mengambil keputusan apa yang harus saya lakukan agar tetap bisa hadir diacara Launching?

Singkat cerita saya berangkat ke acara Launching dengan naik mobil Derek, sepanjang perjalanan saya tertawa dalam hati sungguh pengalaman yang sangat menarik karena pergi Launching buku mengendarai mobil Derek.

Bersyukur akhirnya saya bisa datang tepat waktu dan bisa melaksanakan acara Launching buku TIP SALES dengan SUKSES karena banyaknya pengunjung yang hadir. 

Dari sini saya ingin mensharingkan kepada rekan-rekan SALES bahwa perjalanan untuk mencapai IMPIAN tidak pernah mudah, bahkan ketika IMPIAN itu sudah berada didepan mata selalu saja ada hambatan dan rintangan yang bisa muncul tiba-tiba.Tapi sepanjang Anda memegang kuat IMPIAN, maka halangan apapun akan dapat Anda lewati. 

Jangan pernah menangis atas halangan yang datang, tapi tertawalah karena ketika halangan itu terlewati maka akan menjadi kisah yang manis dalam hidup Anda

Dedy Budiman
The Champion Sales Trainer
Friday, July 8, 2011

TIP SALES : Next Step

What saves a man is to take a step. Then another step. Antoine De Saint-Exupery

Antoine mengatakan bahwa yang bisa menyelamatkan orang dalam arti bisa mengantarkannya ke kesuksesan hidup adalah keberaniannya mengambil satu langkah, dan langkah-langkah berikutnya.

Awal bulan Juni yang lalu saya baru saja meluncurkan buku pertama saya “Setiap orang sales harus punya Sales Script ini!” bersama dengan Mr.James Gwee, yang kini sudah masuk jajaran buku Best Seller dan sudah naik cetakan ketiga.

Padahal ketika saya memulai untuk menulis buku tsb, proses yang dilalui tidaklah mudah. Ada banyak tantangan, kesulitan dan juga keraguan dalam hati, apakah saya bisa untuk menulis sebuah buku yang bisa menjawab kebutuhan para SALES dan menjadi Best Seller. Tapi akhirnya keraguan saya terjawab sudah karena buku itu telah terbit dan menjadi Best Seller.

Lao Tze pernah mengatakan betapa pentingnya menetapkan langkah pertama. Tetapi satu pertanyaan penting selanjutnya, apakah yang akan anda lakukan setelah langkah pertama tsb?

Banyak orang termasuk SALES yang berhenti pada langkah pertama dan akhirnya tidak pernah melanjutkan perjalanan berikutnya. Mereka merasa puas dengan apa yang dicapai oleh Langkah Pertama mereka, kesuksesan di awal yang telah mereka raih, padahal ada banyak kesuksesan menanti yang harus diraihnya.

Untuk itu betapa pentingnya untuk mengingatkan diri jangan pernah berpuas diri dengan langkah pertama anda, tetapi teruslah melangkah menuju kesuksesan yang lebih besar yang bisa Anda raih.

Hari ini saya juga telah memulai langkah kedua dengan terbitnya buku kedua saya TIP SALES yang akan di Launching Sabtu, 9 Juli jam 2.30 - 4.00 WIB di acara Pesta Buku Jakarta - Istora Senayan. Melalui media ini saya mengundang Anda untuk bisa hadir dalam acara Launching tsb

Semangat Pagi!

Dedy Budiman
The Champion Sales Trainer
Wednesday, July 6, 2011

TIP SALES : SOP BUNTUT Lezat di Jakarta

Kalau pagi ini tiba-tiba salah seorang pimpinan perusahaan dari prospek Anda yang berada di luar kota menelpon untuk mengajak makan siang SOP Buntut di Jakarta, kira-kira kemana anda akan mengajaknya?

Kalau anda langsung mengetahui tempat makan SOP Buntut yang Lezat dan nyaman untuk level seorang pimpinan, maka anda lulus menjadi seorang SALES. Tapi bila anda kesulitan untuk mendapatkannya maka anda harus memperluas wawasan dan pengetahuan umum anda.

Mengapa hal ini penting? Menjual adalah tugas utama, tapi untuk mencapai Target Penjualan seorang SALES juga harus bisa menjadi seorang TOUR GUIDE.

Salah satu cara untuk menjalin keakraban dan hubungan baik dengan pelanggan adalah saat makan siang atau makan malam bareng dengan mereka. Atau saat mengajak mereka untuk berkeliling ke tempat hiburan atau tempat belanja.

Jadi kalau anda tidak memiliki pengetahuan seperti seorang TOUR GUIDE dimana tempat makan yang enak, dimana hotel yang nyaman dan dimana tempat belanja yang bagus dan murah artinya anda akan kehilangan kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.
Dedy Budiman - The Champion Sales Trainer
Monday, July 4, 2011

TIP SALES : Sherlock Holmes


Apakah Anda pernah mendengar nama Sherlock Holmes? Ia adalah detektif yang terkenal akan kemampuan deduksinya dan kepandaiannya dalam memecahkan kasus. Seperti kita ketahui tugas utama detektif  adalah melakukan penyelidikan

Dalam menjalankan tugasnya, SALES juga terkadang dituntut mampu berperan sebagai seorang detektif. Apa maksudnya ? Saya akan menjelaskan untuk Anda.

Bayangkan saat ini anda mendengar ada sebuah Mega Proyek yang akan segera di tenderkan. Kira-kira apa yang akan anda lakukan? Apakah anda hanya mendengar lalu mengirimkan penawaran untuk proyek tsb? Tentu saja tidak bukan, setelah mendengar informasi maka seorang SALES harus mencari informasi yang lebih banyak.

Misalnya : benar gak informasi yang diberikan, produk apa saja yang dibutuhkan, berapa besar budgetnya, siapa pimpinan proyeknya, dan berbagai hal lainnya.

Darimana anda bisa mendapatkan semua informasi tsb? Tentunya dengan melakukan penyelidikan.
Jadi rekan-rekan SALES, tingkatkanlah kualitas anda dalam mencari informasi, karena semakin akurat informasi yang anda dapatkan semakin baik persiapan yang anda lakukan. Dan semakin baik persiapan maka semakin besar peluang untuk mendapatkan penjualan.

Selamat bekerja detektif.....

Follow by Email

First Name:
E-Mail Address:

Subscribe By:
(Select One Only)
E-Mail
RSS Feed

Sitemeter